Tips Agar Lambung Sehat saat Berbuka Dan Sahur Puasa

Tips Agar Lambung Sehat saat Berbuka Dan Sahur Puasa. Puasa adalah salah satu ibadah utama. Ibadah puasa insya Allah akan terasa lebih nyaman kalau lambung kita sehat. Seperti diketahui, salah satu masalah kesehatan yang sering dikeluhkan saat puasa adalah kambuhnya penyakit maag, akibat saluran cerna kita tidak mendapat makanan maupun minuman selama +/- 14 jam.

Dari penelitian yang dilakukan oleh para ahli memang terjadi peningkatan asam lambung saat puasa dan akan kembali normal setelah puasa selesai. Selain itu lambung juga akan mengadakan proses adaptasi dengan pola makan yang berubah, sehingga seringkali pada awal-awal puasa keluhan sakit maag ini meningkat.

Menurut ahli gizi klinik, Dr Samuel Oetoro MS SpGK, untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar, setiap orang harus mene -rapkan pola hidup sehat dan bugar. Pola hidup sehat dan bugar berarti kita harus melakukan 5S yaitu Makan Sehat , Berpikir Sehat , Istirahat Sehat, Aktivitas Sehat dan Lingkungan Sehat. Dalam hal Makan Sehat, kita harus memperhatikan tiga hal, yaitu jumlah , jadwal dan jenis makanan. Hal ini pun perlu diterapkan saat berpuasa, agar ibadah tersebut dapat dilaksanakan sebaik mungkin tanpa gangguan lambung.

Ada beberapa tips sederhana untuk menjaga lambung tetap sehat selama puasa: Jangan lewatkan sahur dan jangan tunda berbuka. Makanlah makanan dengan gizi seimbang dan lengkap selama puasa. Saat sahur tubuh memerlukan makanan bergizi dan kaya serat, sedangkan saat berbuka awali dengan minum air dan makan yang manis dahulu (misal : kurma). Sesudah shalat Maghrib lanjutkan makan besar dan lengkap. Sesudah Tarawih/sebelum tidur dapat mengkonsumsi makanan ringan. Perbanyak minum air untuk mencegah dehidrasi.

Jika timbul gejala sakit maag seperti : sendawa asam, mual, mulas, nyeri uluhati dan kembung, maka asam lambung dapat dinetralkan dengan minum obat maag sebelum sahur, saat berbuka dan sebelum tidur malam.

Tips Sehat Sahur Puasa Ramadhan1. Sahurlah mendekati imsak
2. Makanlah makanan yang mudah dicerna,
misal : sedikit nasi, telur, sayur, tempe/tahu.
3. Minumlah air hangat atau jus buah segar
4. Jangan langsung beraktivitas berat atau kembali tidur setelah sahur, beri waktu (30 menit) makanan masuk ke pencernaan dengan sempurna

Tips Sehat Berbuka1. Segerakan berbuka ketika masuk dengan minum air putih
2. Utamakan makanan yang manis atau kurma seperti ysng dianjurkan Nabi
3. Satu jam kemudian, makanlah makanan padat dan lengkap secukupnya. 4. Perbanyak minum air putih untuk membantu proses pencernaan. republika.co.id


Postingan Terkait Lainnya :


Banner Float Ads

 

W3 Directory - the World Wide Web Directory My Zimbio Marketing / SEO ping.sg - the community meta blog for singapore bloggers Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Prediksi Sepakbola Terbaru, Video Sepakbola, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Indonesia, Sea Games XXVI 2011, Euro 2012, Piala Dunia 2014, MotoGP
Tips SEO, Blogspot, WordPress, Facebook, Twitter, Bisnis Online, Google AdSense, Joomla, Drupal