Home » » Pasang Search Engine Pada Blog

Pasang Search Engine Pada Blog


Search Engine adalah tempat pencarian di dunia maya, dimana kita akan menemukan berbagai bentuk posting atau artikel dengan kata kunci yang telah ditentukan. Search engine yang populer pada saat ini adalah Mbah Google dan Om Yahoo. Dimana semua blogger dan webmaster berlomba-lomba agar setiap postingan blog dan webnya tampil dihalaman pertama search engine guna kepopuleran sebuah blog dan untuk meningkatkan visitor.

Search engine juga bisa digunakan pada blog untuk menemukan apa yang ingin di cari. Dengan hanya memasukkan kata kunci maka akan ditemukan artikel terkait dengan kata kunci tersebut. Nah, untuk memasukkan search engine pada blog tentu saja kita harus memasukkan beberapa kode kedalam blog. Caranya yaitu pertama login ke account blogger kemudian klik tata letak dan tambah widget, setelah itu pilih HTML/Javascript dan masukkan kode berikut ini kedalamnya :

<form id="searchform" action="http://bloganda.blogspot.com/search" name="searchform" method="get"><br/><input id="s" onfocus="if (this.value == 'Kata Kunci') {this.value = '';}" value="Kata Kunci" name="q" onblur="if (this.value == '') {this.value = 'Kata Kunci';}" type="text"/> <input id="searchsubmit" value="Cari" type="submit"/> </form><br/>


Keterangan : tulisan berwarna merah adalah tulisan yang bisa diganti sesuai dengan keinginan.

Nah, sekarang coba lihat hasilnya, maka akan muncul search engine yang bisa digunakan untuk menelusuri seluruh postingan di dalam blog.

Thanks for reading & sharing Tutorial Blog & Tips SEO

Previous
« Prev Post