Home » » Verifikasi Blog di Google Webmaster Tools

Verifikasi Blog di Google Webmaster Tools

Pada posting kali ini zona-klik ingin sharing bagaimana cara verifikasi blog di google webmater tools pada blog berbasis wordpress (self hosting). Google Webmaster Tools merupakan sarana yang digunakan oleh google untuk memantau langsung web/blog kita, sedangkan kita sebagai blogger menjadikan google webmaster tools sebagai sarana untuk mempromosikan blog agar google lebih mudah mengindeks blog kita. Untuk bisa mendaftarkan blog di Google Webmaster Tools terlebih dahulu kita haruslah mempunyai account Google seperti Gmail atau Blogger, jika belum silahkan mendaftar pada salah satu layanan tersebut karena kita bisa memiliki layanan tersebut secara gratis

Bagaimana Proses Verifikasi Blog di Google Webmaster Tools ?

Login pada Google Webmaster Tools menggunakan Username dan Password account google anda, Pada halaman webmaster klik "Add a Site" kemudian masukkan alamat blog anda pada kotak yang disediakan lalu klik tombol "continue"


Pada halaman ini kita diminta untuk melakukan verifikasi blog yang telah ditambahkan sebelumnya. Ada 2 cara yang bisa kita gunakan untuk melakukan verifikasi blog di google webmaster tools yaitu menggunakan Meta Tag dan Mengupload File Verifikasi dalam Format HTML ke Server Hosting. Pada tutorial ini kita menggunakan File HTML untuk melakukan verifikasi blog di google webmaster tools dengan cara memilih "Upload an HTML file" pada "Verification Method", kemudian klik "this HTML verification file" untuk mendownload File HTML yang akan di masukkan ke server hosting. 

Simpan kode tersebut pada hardisk komputer anda kemudian login ke Cpanel dan uploadlah file HTML yang telah di download sebelumnya kemudian kembali ke halaman webmaster lalu klik "verify" untuk melakukan verifikasi blog di google webmaster tools.

Thanks for reading & sharing Tutorial Blog & Tips SEO

Previous
« Prev Post