Home » » Panduan Dasar Membuat Blog di Blogspot.com

Panduan Dasar Membuat Blog di Blogspot.com

Internet merupakan media online yang menyediakan berbagai informasi untuk masyarakat dunia. Apa saja yang ingin kita temukan melalui internet dengan kata kunci/keyword pada search engine akan muncul ribuan bahkan jutaan yang ditampilkan. Selain untuk memperoleh informasi, kita sebagai pengguna internet dapat memberikan informasi yang bisa diakses seluruh dunia dengan menuangkannya kedalam blog.

Blog merupakan tempat untuk menulis karya atau apapun yang ingin diposting sesuai dengan minat, hobi yang ingin dibagi (sharing) kepada pengguna internet secara online. Selain itu, blog bisa dijadikan sarana untuk mempromosikan diri, group atau kumpulan serta berbagai bisnis agar diketahui masyarakat. Untuk memiliki sebuah blog, kita harus memiliki domain dan hosting agar bisa mempublish artikel yang ditulis. Untuk memiliki sebuah domain dan hosting, sekarang telah banyak situs yang menyediakannya secara gratis seperti : blogspot.com, wordpres.com, co.cc. Pada artikel kali ini akan dibahas bagaimana cara membuat blog dengan menggunakan domain blogspot.com, dimana pada akhiran domain yang kita buat akan diikutsertakan blogspot.com. Misalnya kita ingin membuat blog dengan domain "zona klik" maka url (alamat) blog nya http://zona-klik.blogspot.com.

Untuk membuat sebuah blog diblogspot.com, langkah-langkah yang harus diperhatikan adalah :

1. Login ke http://www.blogspot.com

2. Pilih Buat Blog, maka akan muncul tampilan sebagai berikut :

3. Pada kolom yang telah disediakan masukkan alamat email, kata sandi dan sebagainya dengan benar, kemudian klik " Lanjutkan.

4. Halaman ini anda dituntun untuk mengisi kolom yang disediakan dengan : Nama Blog, Alamat Blog atau url (terlebih dahulu cek url apakah masih tersedia dengan cara "klik ketersediaan (available), kemudian klik "Lanjutkan".

5. Pada halaman ini, kita disuruh memilih jenis tampilan yang sering disebut "template" untuk Blog yang disukai, apabila telah memilihnya klik "lanjutkan"

6. Muncul halaman baru dengan bacaan "blog anda telah diciptakan", itu tandanya blog kita sudah jadi, maka klik "Mulai Posting" untuk memulai aktifitas ngeblog dengan cara menulis artikel (posting) ke blog yang baru saja dibuat.

Sekarang kita telah memiliki blog, langkah selanjutnya adalah menulis artikel pada blog. Bagaimana cara untuk memposting artikel pada blog agar diminati masyarakat pengguna internet yang membutuhkannya, pelajari tutorial "Memulai Posting Pada Blog".

Thanks for reading & sharing Tutorial Blog & Tips SEO

Previous
« Prev Post