Home » » Cara Mengaktifkan Plugin Akismet

Cara Mengaktifkan Plugin Akismet

Apakah anda pernah mendengar perkataan Akismet ? setiap pengguna wordpress pasti tau tentang Akismet tersebut, namun ada juga sebagian diantara mereka yang belum mengetahuinya. Bagi yang belum mengetahui apa itu Akismet, zona-klik akan menjelaskan pengertian, kegunaan serta cara mengaktifkan Akismet tersebut. Akismet adalah sebuah plugin yang digunakan untuk melakukan filter yang masuk ke blog wordpress untuk mengetahui mana komentar spam dan mana komentar yang bukan spam. Penggunaan Plugin Akismet ini lebih baik dibandingkan dengan menggunakan CAPTCHA untuk mengatasi masalah komentar SPAM.

Bagi blogger yang menggunakan subdomain wordpress.com, Plugin Akismet sudah ada dan tidak perlu diaktifkan lagi. Tetapi apabila blog anda adalah self hosted (domain dan hosting sendiri), Plugin Akismet sudah terinstall bersama wordpress tetapi belum aktif. Adapun cara untuk mengaktifkan Plugin Akismet yang telah terinstall di wordpress tersebut adalah sebagai berikut :

1. Login ke Dashboard (wp-admin) lalu pilih Plugin

2. Lihat apakah ada Plugin Akismet, apabila ada klik Activate untuk mengaktifkannya (gambar 1)

Sekarang Plugin Akismet sudah aktif, langkah selanjutnya adalah memasukkan API key agar plugin akismet tersebut bisa digunakan pada wordpress anda. Untuk mendapatkan API key, anda haruslah mempunyai account di wordpress.com. Jika belum memiliki account wordpress.com, daftarlah pada wordpress.com kemudian ambil API key pada menu profil account wordpress.com anda (gambar 2)

Selanjutnya masukkan API key tersebut agar bisa digunakan untuk Plugin Akismet, dan caranya adalah sebagai berikut :

1. Pada menu Plugin klik pada bacaan enter your wordpress.com API key (gambar 3)

2. Masukkan API key yang telah didapatkan dari account wordpress.com sebelumnya, lalu berilah tanda centang (klik) pada bacaan Automatically discard spam comment on post older than a month untuk menghapus komentar SPAM yang masuk secara otomatis setelah satu bulan (gambar 4)

4. Klik Update Option untuk menyimpan, maka muncul halaman baru yang menyatakan bahwa API key anda benar dan Plugin Akismet sudah dapat digunakan (gambar 5)

Sekarang anda sudah tau apa pengertian, kegunaan serta cara mengaktifkan Plugin Akismet. Apabila anda atau teman anda memiliki blog self hosting dan ingin mengaktifkan Plugin Akismet cobalah praktekkan dan rekomendasikan artikel ini pada teman anda tersebut.

Thanks for reading & sharing Tutorial Blog & Tips SEO

Previous
« Prev Post