Home » » Cara Mudah Membuat Blog di Wordpress.com

Cara Mudah Membuat Blog di Wordpress.com

Blog merupakan media untuk menyampaikan informasi melalui internet yang dibuat oleh individu, informasi apa yang akan disampaikan setiap blogger (pemilik blog) pada blog miliknya. Blog ini akan diupdate secara berkala dengan urutan terbalik, maksudnya artikel yang baru akan berada di awal dan yang lebih lama akan berada di belakang. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat sebuah blog, diantaranya melalui blogspot.com, wordpress.com dan sebagainya. Postingan kali ini zona-klik hanya memberikan tutorial "cara membuat blog di wordpress.com" karena tutorial "cara membuat blog di blogspot.com" telah dijelaskan pada postingan sebelumnya.

Agar tidak terlalu lama intronya, persiapkan diri anda untuk mengikuti tutorial berikut dengan serius karena dengan keseriusan anda akan mudah mempelajari dan memahami tutorial tersebut. Adapun cara mudah membuat blog di wordpress.com bisa diikuti langkah-langkah berikut :

1. Kunjungi situs www.wordpress.com

2. Pada homepage, silahkan klik bacaan "Sign Up Now" maka anda akan dibawa kehalaman berikutnya yang menyediakan form yang wajib di isi agar blog bisa tercipta.

3. Ada beberapa form yang perlu dan wajib diisi, diantaranya :
  • Username, isi dengan kata yang mudah diingat, karena kata itu merupakan identitas untuk masuk ke account blog (wajib)
  • Password, isi dengan kata yang mudah diingat, karena merupakan kunci untuk masuk ke account blog (wajib).
  • Confirm, isi kolom ini dengan kata yang sama pada kolom password (wajib).
  • Email address, masukkan alamat email untuk menerima pemberitahuan dari wordpress.com (wajib).
  • Legal flotsam, berikan tanda ceklis (wajib).
  • Gimme a blog, pilih bacaan tersebut (biasanya pilihan tersebut secara otomatis sudah dipilih).
4. Klik Next, anda akan dibawah kehalaman berikutnya untuk menuliskan alamat dan nama blog anda.

5. Isi form yang disediakan sesuai dengan yang disediakan.
  • Blog Domain, tuliskan nama domain anda. Ini merupakan alamat blog milik anda yang akan diakses oleh pengunjung di internet.
  • Blog Title, tuliskan judul blog yang diinginkan. Ini menerangkan tentang apa blog yang anda buat.
  • Language, pilih bahasa pada blog anda. Karena anda merupakan tahap awal belajar blog, pilih "bahasa indonesia" (untuk warga negara indonesia)
  • Privacy, berikan tanda ceklis.
6. Klik Signup.

Apabila semua langkah-langkah dan form isian telah diisi dengan benar, ketika anda klik "signup" maka akan muncul halaman yang bertuliskan "Your Account is now active !", Ini menandakan blog anda telah jadi. Langkah selanjutnya buka account email yang telah anda daftarkan pada saat membuat blog, akan ada link kompirmasi yang harus diklik. Setelah link konfirmasi tersebut diklik, secara otomatis akan dibawa ke account wordpress.com untuk melakukan aktifitas ngeblog.

Postingan ini merupakan postingan awal "cara membuat blog di wordpress.com" bagaimana cara memulai menulis postingan, mempercantik tampilan blog, mengganti template blog dan sebagainya, nantikan postingan berikutnya. Ingat, jangan mudah putus asa untuk belajar, karena orang yang mudah putus asa tidak akan meraih kesuksesan. Terima kasih....

Thanks for reading & sharing Tutorial Blog & Tips SEO

Previous
« Prev Post