Home » » Menghubungkan Domain dan Hosting (Part 1)

Menghubungkan Domain dan Hosting (Part 1)

Domain dan Hosting tidak bisa dipisahkan untuk membuat sebuah blog. Tanpa adanya domain, hosting tidak bisa berfungsi dan tanpa hosting, domain tidak dapat digunakan. Domain bisa diartikan sebagai nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah blog di internet. Sedangkan hosting merupakan tempat untuk menyimpan data-data blog agar bisa di onlinekan (akses) para netter. Tanpa adanya hosting, blog hanyalah sebuah nama dan belum bisa dikatakan sebuah blog. Kita bisa menggunakan hosting gratisan, tetapi haruslah dengan kapasitas yang bagus karena blog kita haruslah benar-benar dapat diakses dan tidak down serta tidak lambat ketika diakses pengunjung.

Untuk memiliki hosting yang bagus, hendaklah kita mengenal tempat hosting yang terpercaya walaupun berbayar, tetapi dengan sedikit trik kita bisa menggunakan layanannya secara gratis. Adapun Langkah-langkah yang harus dilakukan sebagai berikut :

1. Klik linknya disini.

2. Klik menu "webhosting" (gambar 1)


3. Klik "order now" pada paket "baby plan" (gambar 2)



4. Pilih opsi "i will use my existing domain and update my nameservers only", masukkan domain anda yang sebelumnya telah didaftarkan kemudian klik "next". Jika belum memiliki domain, bisa anda dapatkan disini dan ikuti petunjuk registrasi. (gambar 3)


5. Pada kolom billing cycle pilih "monthly"

6. Pada kolom "coupon" isikan dengan tulisan "CACTUS" (hapus kode coupon sebelumnya) kemudian klik "calculate total" (gambar 4)



7. Maka muncul halaman order detail, pastikan anda hanya ditagih US $0.00 untuk trial hosting (lihat bagian TOTAL DUE : pastikan $0.00 alias gratis (gambar 5)




8. Pilih "i am a new customer" lalu klik "continue" untuk melanjutkan order, maka akan dibawa ke halaman berikutnya untuk mengisi data-data anda seperti nama (user id), alamat, negara, dan seterusnya.

9. Pada pilihan "Payment Option" pilih "Paypal", kemudian pilih "yes" dibawah link "i have read and agree to the terms and conditions of use" kemudian klik "veryfy my order" (gambar 6)


9. Pada halaman ini pastikan bahwa payment option "yes" dibawah link i have read and agree to the terms and conditons of use juga "yes" kemudian lanjutkan dengan klik bacaan "Process my Order >>"

Proses order hosting telah selesai, selanjutnya coba masuk ke billing area untuk memastikan apakah tagihan anda benar $0.00 alias gratis. Caranya klik disini kemudian masukkan email dan password anda sesuai dengan yang didaftarkan sebelumnya.


Thanks for reading & sharing Tutorial Blog & Tips SEO

Previous
« Prev Post