Home » » Komentar Yang Baik Pada Blog

Komentar Yang Baik Pada Blog

Blogwalking adalah aktifitas yang dilakukan blogger sebagai silaturahmi dan mencari pengetahuan baru dari blog orang lain. Tentu saja kita sering meninggalkan sebuah komentar pada saat blogwalking, apakah komentar yang ditinggalkan tersebut berupa kritik dan saran, atau hanya sekedar  untuk mendapatkan backlink serta traffik ke blog kita. Banyak blogger yang meninggalkan komentar tanpa menyadari akan etika dan adab berkomentar yang mempengaruhi kredibilitas kita dan blog yang di komentari. Sebagian blogger menulis komentar yang sangat simple dan terkadang tanpa ada hubungannya dengan artikel  yang di komentari seperti :  

"pertamax, nice post, lanjutkan, next post"

Dari isi komentar seperti diatas kita berpikir apa maksud dan tujuan dari komentar-komentar tersebut, dimana komentar seperti itu merupakan komentar sampah (junk comment) sehingga membuat blog yang dikomentari dinilai sebagai tempat iseng dan menganggap artikel didalamnya tidak berbobot karena tidak mendapatkan perhatian dari pengunjung.

Berikut ada beberapa aturan komentar yang baik pada blog agar tidak termasuk junk comment (komentar sampah) dan saling menguntungkan kedua belah pihak antara pengomentar dan yang dikomentari.

1. Baca artikel sebelum membuat komentar, setelah membaca dan mengerti artikel  barulah berikan  komentar agar berhubungan dengan artikel tersebut.

2.  Jika artikel yang di baca kurang pas atau kurang cocok, jangan ragu dan sungkan untuk menulisnya di kolom komentar.

3. Berilah pertanyaan jika anda kurang mengerti tentang apa yang di jelaskan pada artikel yang sedang dibaca pada kolom komentar.

4. Jangan menghina artikel blog seandainya kita tidak setuju dengan apa yang dijelaskan, tapi berilah pendapat terhadap artikel tersebut.

5. Jangan meninggalkan banyak backlink pada saat berkomentar karena akan terkesan junk comment (komentar sampah).

Mulai sekarang marilah kita perbaiki tata cara berkomentar pada blog orang lain agar terciptanya kredibilitas kita dan blog yang kita komentari guna kemajuan blogger indonesia. 

Thanks for reading & sharing Tutorial Blog & Tips SEO

Previous
« Prev Post