Home » » Membuat Sitemap Pada Blog Wordpress

Membuat Sitemap Pada Blog Wordpress

Postingan kali ini zona-klik ingin sharing kepada sobat semuanya bagaimana cara membuat sitemap pada blog wordpress. Sitemap bisa diartikan sebagai peta situs yang berisi daftar semua halaman yang ada pada blog kita. Dengan adanya sitemap, search engine akan lebih mudah mengetahui halaman-halaman pada blog kita, termasuk URL yang tidak ditemukan search engine ketika crawling. Adapun cara membuat sitemap pada blog wordpress (self hosting) sangatlah mudah, kita hanya perlu mengaktifkan sebuah plugin yang diberi nama "Google XML-Sitemap" dengan cara sebagai berikut : 

1. Terlebih dahulu downloadlah plugin Google XML-Sitemap disini.

2. Upload dan extract plugin Google XML-Sitemap tersebut pada wp-content/plugins hosting anda.

3. Masuk ke wp-admin, pada halaman dasbor wordpress klik menu "plugin" kemudian "aktifkan plugin" pada bacaan Google XML-Sitemap. 

4. Pada menu "Pengaturan" pilih "XML-Sitemap" lakukanlah konfigurasi sesuai pilihan anda kemudian klik "Update Option"

5. Selesai

Sekarang anda telah berhasil membuat sitemap pada blog wordpress, untuk mengetahui apakah sitemap telah berhasil di buat cobalah masukkan url http://www.bloganda.com/sitemap.xml maka akan muncul  lembaran sitemap yang menampilkan semua halaman dari blog anda. Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mendaftarkan sitemap ke google webmaster tools, caranya akan zona-klik tuliskan pada postingan selanjutnya.

Thanks for reading & sharing Tutorial Blog & Tips SEO

Previous
« Prev Post