Jika anda telah lama bergelut didunia blog, mungkin anda pernah mendengar istilah niche keyword, niche blog, niche market dan lain sebagainya.
Niche adalah sesuatu yang terfokus atau spesifik. Niche Keyword adalah keyword atau kata kunci yang spesifik, Niche Blog adalah blog yang membahas tentang sesuatu yang spesifik bukan bersifat umum.
Niche Market adalah target pasar yang dibidik sangat spesifik.
Agar tidak terlalu membingungkan, kita ambil contoh keyword : Sepatu. Jika di lihat dari segi Niche, Sepatu belum memenuhi syarat Niche karena masih umum. Lalu yang bagaimana yang termasuk Niche. Yang termasuk niche itu yang lebih spesifik, misal Sepatu kulit Cibaduyut, Sepatu Olah raga adidias, Sepatu Futsal adidas dan lain sebagainya.
Suatu blog dengan pembahasan yang spesifik mempunyai target pengunjung tersendiri, dan umumnya lebih mudah mendapatkan visitor tertarget di bandingkan dengan blog yang umum. Yang sangat penting untuk di perhatikan adalah anda harus jeli dalam memilih niche, niche apa yang banyak di cari orang namun sedikit kompetitornya di search engine. Untuk mengetahui ini semua, anda perlu mengadakan riset menggunakan tool keyword riset. Tool seperti ini banyak bertebaran di internet baik yang berbayar ataupun yang gratis.
Tool untuk tujuan keyword riset gratisan yang banyak digunakan adalah Google AdWords Keyword Tool. Untuk tool-tool yang lain, anda tinggal mencari di google dengan kata kunci seperti "Keyword tool", "Keyword Suggestion tool" dan lain sebagainya.
sumber : kolom-tutorial.blogspot.com
Thanks for reading & sharing Tutorial Blog & Tips SEO